Senin, 09 Mei 2016

Cara Setup Hotspot Mikrotik


Assalamualaikum wr. wb.

Kali ini saya akan membagi artikel tentang Jaringan, lebih tepatnya MikroTik. Saya menuliskan artikel ini dari sumber mikrotik.co.id, dan info dari teman saya. Sekiranya artikel kali ini dapat bermanfaat bagi pembaca yang ingin belajar pembuatan Hotspot 
MikroTik. 

Sebagai catatan, saya menggunakan Router Mikrotik jenis RB411.

Berikut proses nya :


Router Mikrotik merupakan router yang memiliki fitur lengkap. Salah satu fitur yang cukup populer dan banyak digunakan dari Router Mikrotik itu sendiri adalah Hotspot. Tahukah anda perbedaan internet sharing biasa dengan Hotspot? Mungkin anda sering menemukan sinyal internet wifi yang di password dengan menggunakan WPA atau WEP. Anda akan bisa internetan jika memasukkan password dengan benar. Jadi siapa saja bisa mengakses wifi itu jika tau password nya karena password nya hanya ada satu. Berbeda dengan metode Hotspot, yang mana kebanyakan wifi hotspot tidak di password dan semua user bisa konek kemudian akan diarahkan ke halaman login di Web Browser. Tiap user bisa login dengan username dan password yang berbeda-beda. Metode semacam inilah yang sering kita temukan di wifi Cafe, Sekolah, kampus, maupun area publik lainnya.
Sekarang kita akan membahas Tutorial Mikrotik  dengan mencoba membuat dan seting mikrotik sebagai Hotspot. Namun sebelumnya anda perlu tau apa saja kelebihan Hotspot dengan menggunakan Mikrotik. Dengan menggunakan Mikrotik sebagai Hotspot, anda dapat mengkonfigurasi jaringan wireless yang hanya bisa digunakan dengan username dan password tertentu. Anda juga dapat melakukan manajemen terhadap user-user tersebut. Misalnya, mengatur durasi total penggunaan hotspot per user, membatasi berapa besar data yang dapat di download tiap user, mengatur konten apa saja yang boleh diakses user, dll.
Oke, sudah tau apa saja kelebihan dan fitur-fitur hotspot mikrotik. Sekarang lanjut Balajar Mikrotik  langsung ke prakteknya. Kita mulai dengan konfigurasi dasar hotspot nya.


1. Masuk mikrotik melalui WinBox, pastikan alamat Router yang akan di setting benar.


Gambar 1. Masuk MikroTik menggunakan WinBox

2. Tentukan interface yang akan dibuatkan hotspot. Karena kita akan membuat hotspot via wifi maka pilih interface wlan. Disini saya asumsikan menggunakan wlan1. Aktifkan wlan1 dan gunakan mode AP Bridge, isikan SSID dengan nama hotspot anda.

                                 
 Gambar 2. Interface wlan1

3. Beri IP address interface wlan1, misalnya 192.168.100.1/24
[admin@MikroTik] > ip address add address= 192.168.100.1/24 interface=wlan1

Atau bisa melalui winbox, masuk ke menu IP --> Address

Gambar 3. Ip address

4. Sekarang kita mulai membuat Hotspot untuk wlan2. Untuk lebih mudah nya kita   menggunakan wizard Hotspot Setup. Masuk ke menu IP --> Hotspot --> Hotspot Setup
Gambar 4. Hotspot setup

5. Pilih Hotspot Interface : wlan1 --> klik Next

6. Selanjutnya mengisikan IP address dari wlan1 dan centang Masquerade Network. klik Next
 
Gambar 5. Select SMTP dan Set HotSpot address

7. Menentukan range IP address yang akan diberikan ke user (DHCP Server), misal : 192.168.100.10-192.168.100.254. Jadi user akan diberikan IP secara otomatis oleh DHCP Server antara range IP tersebut.

Gambar 6. Set pool for Hotspot address

8. Memilih SSL certificate. Pilih none saja, klik Next.

Gambar 7. SSL certificate

9. IP Address untuk SMTP Server kosongkan saja. Klik Next.
10. Memasukkan alamat DNS Server. Isikan saja dengan DNS Server nya Google : 8.8.8.8 dan 8.8.4.4. Klik Next.

Gambar 8. DNS configuration

11. Memasukkan nama DNS untuk local hotspot server. Jika diisi nantinya akan menggantikan alamat IP dari wlan1 sebagai url halaman login. Jika tidak diisi maka url halaman login akan mengguakan IP address dari wlan1. Kosongkan saja, klik next.
Gambar 9. DNS Name

12. Hotspot sudah berhasil dibuat. Silakan anda coba koneksikan laptop anda ke wifi hotspot anda.
Gambar 10. Connected

13. Buka browser dan akses web sembarang, misalnya mikrotikindo.blogspot.com maka anda akan dialihkan ke halaman login hotspot mikrotik.

Gambar 11. Halaman login di Web Browser

14. Silakan coba login dengan username : admin dan password : kosong. 

15. Jika berhasil login berarti Hotspot sudah beres.
Selamat menggunakan Hotspot sendiri !

Begitulah proses setup Hotspot menggunakan MikroTik secara mudah, disini saya menggunakan MikroTik RB411.

Sekian artikel yang saya bagikan kali ini sekiranya dapat bermanfaat bagi teman teman pembaca. Mohon maaf bila ada kekurangan tentang penulisan maupun isi dari  isi dari artikel ini, tinggalkan komentar agar saya dapat mengoreksi kesalahan dari setiap posting di blog saya ini.

Wassalamualaikum wr. wb.

0 komentar:

Posting Komentar